Kabar

River Tubing di Jempinang, Mahasantri Ma’had ‘Aliy Al-Aimmah (MAA) Semakin Dekat dengan Allah

Pandemi covid -19 menjadikan mahasantri MAA tidak bisa pulang untuk liburan hari Raya Iedul Fitri 1441 H. Kondisi demikian dimanfaatkan oleh ma’had bersama dengan mahasantri untuk banyak mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Dauroh khataman kitab bersanad bersama Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag. dengan mengkaji kitab Risalah Fid Dakwah, kitab Tsulatsiyat Bukhari, kitab Hadyun Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, juga Syarah Arba’in Nawawi menjadi menu yang sangat bermanfaat bagi para mahasantri. Selain aktivitas keilmuan, para mahasantri juga sangat berperan dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan ma’had yang kosong karena sebagian besar penghuni pesantren Al-Umm dan divisi pendidikan lainnya dpulangkan untuk mengikuti pelajaran secara daring.

Apresiasi layak diberikan kepada para mahasantri yang rela mengorbankan waktu liburan. Saat dimana umumnya mereka bisa berkumpul dengan keluarga, pada tahun ini mereka tetap di ma’had untuk belajar dan berkhidmah. Atas hal ini pula dari pihak Yayasan Bina al-Mujtama’ (YBM) memberikan kesempatan bagi semua mahasantri untuk bisa refreshing. Maka dipilihlah rihlah berupa river tubing di daerah Jempinang, Purwosari, Pasuruan Jawa Timur. Lokasi yang tidak sampai 40 Km dari ma’had, akses yang mudah, biaya terjangkau dan fasilitas yang memadai menjadikan destinasi ini layak untuk dipilih. Air jernih sungai yang langsung berasal dari sumber ditambah dengan suasana pegunungan yang asri diharapkan bisa menghilangkan kejenuhan para mahasantri selama tetap berada di ma’had.

Liburan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 17 juni 2020 ini tidak hanya diikuti oleh mahasantri MAA saja. Mereka didampingi oleh para asatidzah pengurus MAA dan juga diantar dan didampingi oleh pengurus YBM selaku inisiator kegiatan ini. Diantara pengurus YBM yang turut mendampingi ialah Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag. (selaku mudir YBM), KH. M. Ali khudlori (selaku Bendahara YBM), KH. Muhammad Syuaib Al-Faiz (selaku Pembina YBM), Ustadz H. Muhammad Triyono (selaku direktur travel umroh YBM), yang mana para pengurus ini hadir bersama dengan keluarga besar masin-masing, ditambah lagi dengan beberapa asatidz dan karyawan yang juga turut berjaga di lingkungan YBM selama masa libur pandemi ini.

Refershing atau liburan yang dilaksankan oleh para Mahasantri MAA bukanlah liburan biasa. Jika masyarakat pada umumnya beranggapan bahwa masa liburan adalah masa/waktu untuk sekedar bersenang-senang saja, tidak ada aktivitas belajar mengajar bahkan sebagaian mengisinya dengan perbuatan maksiat, na’udzubillah, maka mahasantri MAA memanfaatkan kegiatan liburan ini untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah ta’ala. Para mahasantri senantiasa berusaha menerapkan adab-adab Islami, baik ketika persiapan keberangkatan dengan membaca doa, mengikuti arahan pemimpin dan banyak berdzikir. Demikian juga ketika tiba dilokasi, mereka memulai aktivitas dengan mendengarkan taushiah salah seorang ulama dari Mesir yang turut serta bersama rombongan, yaitu Syaikh Dr. Ahmad Muhammad ath Thukhi hafizhohullah. Diantara nasehat beliau bahwasanya rihlah seperti ini harus menjadi jalan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah, mensyukuri nikmat yang telah Allah anugerahkan berupa alam yang indah, dan jangan sampai kita justru merusak dan mengkufuri nikmat-nikmat tersebut.

Selesai melaksakan tubing, semua mahasantri menikamti hidangan makan siang bersama. Kemudian setelahnya, semua mahasantri sholat dhuhur secara berjamaah dipimpin oleh mudir tanfidzi MAA, Ustadz Abu Sholih Harno P., SP., M.PI. Mengingat mushola yang tersedia sangat kecil, maka rombongan melaksanakan sholat di tempat parkir yang lapang. Alhamdulillah, sholat jama’ah ini juga menarik pengunjung lain untuk turut sholat bersama selain juga ada beberapa pengelola yang memang diajak bersama-sama sholat dhuhur. Dan akhirnya rombongan pulang kembali menuju makhad tercinta.

Semoga dengan liburan yang diadakan oleh para Mahasantri MAA ini bisa memberikan motivasi kepada para mahasantri untuk semakin dekat dengan Allah ta’ala, tetap semangat belajar di tengah masa pandemi covid-19 sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya ummat Islam tentang hakekat liburan yang sesungguhnya dan bagaimana kita mengisi liburan tersebut dengan hal-hal yang bermanfaat. Aamiin.

Reporter: As’ad Umam (mahasantri kelas 2 i’dad du’at asal Lombok)

Dokumentasi: Tim dokumentasi MAA.

Tampilkan Lebih Banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button